Petugas Imigrasi Bima Melakukan Pengawasan Orang Asing

     Keimigrasian sebagaimana yang ditentukan di dalam Bab 1 Pasal 1 (1) Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1992 Lembaran Negara Tahun 1992, Nomor 33 Tentang Keimigrasian adalah hal ihwal lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Negara Republik Indonesia dan pengawasan orang asing di Indonesia. Hukum Keimigrasian merupakan bagian dari sistem hukum yang berlaku diIndonesia, bahkan merupakan subsistem dari Hukum Administrasi Negara. Fungsi keimigrasian merupakan fungsi penyelenggaraan administrasi negara atau penyelenggaraan administrasi pemerintahan, oleh karena itu sebagai bagian dari penyelenggaraan kekuasaan eksekutif, yaitu fungsi administrasi negara dan pemerintahan, maka hukum keimigrasian dapat dikatakan bagian dari bidang hukum administrasi negara. Untuk menjamin kemanfaatan dan melindungi berbagai kepentingan nasional, maka Pemerintah Indonesia telah menetapkan prinsip, tata pelayanan, tata pengawasan atas masuk dan keluar orang ke dan dari wilayah Indonesia sebagaimana yang ditentukan dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1992 tentang Keimigrasian. Imigrasi termasuk salah satu instansi pemerintah, yang salah satu kegiatannya memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

(Petugas Kanim Bima ketika meminta keterangan WNA)

   Dalam operasi penegakan Undang Undang No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian pada Selasa tanggal 25 April 2017, Petugas Kantor Imigrasi Bima turun ke lapangan melakukan pengawasan terhadap Warga Negara Asing (WNA) di wilayah Sape Kabupaten Bima. Berlokasi di Desa Poja ada sebuah penginapan yang bernama Kalimaya Dive and Resort, setibanya di penginapan Kalimaya Petugas dari  Kanim Bima bertemu dengan manejer penginapan.

setelah bertemu dengan manejer petugas Kanim Bima di arahkan bertemu dengan pengurus penginapan yang tidak lain adalah WNA asal Kanada  yang bernama Loren Vasques Zubieta dan Eric Mckill.. Ketika di mintai keterangan oleh petugas Kanim Bima dua WNA yang juga adalah Pasangan Suami-istri (Pasutri ) ini tidak bisa menunjukan dokumen keimigrasiannya., sehingga untuk pemeriksaan lebih lanjut keduanya di bawa ke Kantor Imigrasi Bima.

#lance

Bagikan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *