Operasi Gabungan Terpadu TIM PORA Tingkat Kota Bima

Kota Bima, Dalam rangka menjalankan amanat dari Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2011  tentang keimigrasian , dimana imigrasi merupakan bagian dari eksekutif yang memiliki tugas untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing , baik itu secara mandiri ataupun terpadu bersama instansi terkaitRabu Tanggal 18 April 2018, Kanim Bima telah melaksakan kegiatan Operasi Gabungan Terpadu dalam rangka Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) Tingkat Kota Bima. Operasi Gabungan ini juga melibatkan intansi terkait, antara lain Deninteldam IX Udayana, Polairud Kota Bima, Disnakertrans Kota Bima,Ditintelakam Polda NTB, BNNK Kota Bima,Bais NTB,Bea dan Cukai,Dinas Pariwisata, Camat Rasanae Barat, Intel Kodim 1608 Bima, Pos TNI AL Kota Bima, Intel Polres Bima Kota, KPP Pratama Raba-Bima, Bakesbangpol Kota Bima.


(WNA Asal Jerman)

     Kegiatan Operasi Gabungan itu sendiri didahului dengan rapat bersama instansi terkait mengenai Standard Operating Procedures (SOP) , serta menyamakan misi dan tujuan dalam Operasi Gabungan Terpadu itu sendiri. Prosedur yang dilakukan meliputi pemeriksaan dokumen keimigrasian, tes urine, serta wawancara terhadap perusahaan yang mempekerjakan orang asing tersebut.

   Kegiatan ini atas tindak lanjut dari laporan masyarakat terkait keberadaan orang asing  yang berada  di wilayah Kota Bima, tepatnya di PLTU Kec. Asakota Kota Bima. “Laporan masyarakat ada 6 WNA yang bekerja di PLTU, namun tim kami hanya menemukan 3 orang saja, 2 orang Pakistan dan 1 Orang Jerman ” Ucap Qodar Al Amin Selaku Koordinator Lapangan OPGAB Kota Bima


( Tim OPGAB foto Bersama Depan Kantor PLTU )

      Selain Pemeriksaan Dokumen Keimigrasian, para WNA ini juga melakukan tes urine oleh BNN, dan hasilnya 3 orang WNA ini negatif. Dari Hasil pemerikasaan oleh Tim, para WNA ini tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan.

     Diharapkan kedepannya dengan adanya kegiatan Operasi Gabungan Terpadu ini dapat terlaksana secara terus menerus guna peningkatan pengawasan terhadap Orang Asing dan tegaknya kedaulatan Republik Indonesia.

Galery Foto :

             

 

(lance)

Bagikan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *